Breaking

Sunday, September 18, 2011

Sate Bulayak, Sate Terenak Dari Lombok

Sate Bulayak

Sate Bulayak sendiri pada umumnya adalah sate ayam atau sapi, terkadang diberikan jeroan juga. Yang unik memang ada di bumbunya, bumbu kacangnya tidak biasa. Terbuat dari kacang tanah sangrai tumbuk yang direbus bersama santan serta beberapa bumbu dapur lainnya. Rasanya sekilas jadi seperti bumbu kari, dan karena saya penggemar manis maka kucuran kecap manis diperlukan untuk menambah kesempurnaan bumbu sate bulayak ini. Suatu pengalaman kuliner unik yang harus anda coba jika mampir ke Kota Mataram ini.

 
 


Quote:
Pengertian Bulayak
Bulayak Adalah Lontong yang digulung daun yang berbentuk spiral. Dan biasanya jika dimakan Bulayak tersebut mengeluarkan aroma khasnya di dalam mulut. Bulayak sering dimakan bersama sate bulayaknya itu sendiri.
Biasanya orang memakan bulayak ini dengan cara dicelupkan kedalam kuah dari sate bulayak itu sendiri.



Bumbu

Jika Kita Membeli sate biasanya kita menggunakan bumbu kacang atau tidak bumbu kecap, sangat berbeda dengan sate bulayak. Sate bulayak biasanya terbuat dari kacang tanah sangrai tumbuk yang direbus bersama santan serta beberapa bumbu dapur lainnya. Dan biasanya rakyat sekitar menambahkan cabe rawit yang ditumbuk untuk menambah rasa pedasnya. Jika biasanya kita makan sate bumbunya sudah ada di sate, tapi kalo bumbu sate bulayak terpisah gan, Biasanya dipisahin di taruh di piring yang besar, agar kita bisa memakannya bersama bulayaknya, dan agar bulayaknya bisa di celupkan ke bumbunya tersebut.


Comments
0 Comments

No comments:

Post a Comment