Breaking

Wednesday, March 28, 2012

AS Provokasi Negara-Negara Asia-Tengah Hadapi Iran

 Mylinekerr News - Secara resmi Washington memprovokasi negara-negara Asia Tengah agar mendukung sanksi AS terhadap Iran. Tak tanggung-tanggung,  Asisten Menlu AS untuk Urusan Asia Selatan dan Tengah Robert O Blake, Jr sendiri yang menegaskan hal itu  kepada sejumlah media AS, beberapa waktu lalu. Menurut Blake, negara-negara Asia Tengah mempunyai posisi strategis dalam upaya ikut menjaga keamanan dunia, khususnya dalam melawan Iran.
Namun demikian, Blake tidak menguraikan cara-cara menjaga jarak antara negara-negara Asia Tengah. AS sendiri punya kepentingan strategis yang sangat besar terhadap kawasan Asia Tengah, selain selama ini AS sudah berusaha semaksimal mungkin menjaga hubungannya pada Pakistan dan Afghanistan. Sedangkan negara-negara Asia Tengah selama ini mempunyai hubungan relatif baik dengan Iran.
“Amerika Serikat mendorong semua negara di daerah itu untuk menghentikan perdagangan dan hubungan lainnya dengan Iran guna menekan Iran dan ‘berada dalam perahu yang sama’ dengan masyarakat internasional mengenai program nuklir Iran,” papar Blake pada konferensi pers di Dushanbe, belum lama ini.

sumber: lensaindonesia.com, mylinekerr.blogspot.com
 
Comments
0 Comments

No comments:

Post a Comment