Searching...
Wednesday, August 15, 2012

Hari Ini 15 Agustus : Jepang Menyerah Pada Sekutu Tanpa Syarat

Mylinekerr Fact - Setelah AS menjatuhkan bom atom di Hiroshima dan Nagasaki, Jepang akhirnya menyerah tanpa syarat kepada Sekutu pada 15 Agustus 1945. Menyerahnya Jepang menandai akhir Perang Dunia II. Angkatan Laut Kekaisaran Jepang secara efektif sudah tidak ada sejak Agustus 1945, sementara invasi Sekutu ke Jepang hanya tinggal waktu. Walaupun keinginan untuk melawan hingga titik penghabisan dinyatakan secara terbuka, pemimpin Jepang dari Dewan Penasihat Militer Jepang secara pribadi memohon Uni Soviet untuk berperan sebagai mediator dalam perjanjian damai dengan syarat-syarat yang menguntungkan Jepang. Sementara itu, Uni Soviet juga bersiap-siap untuk menyerang Jepang dalam usaha memenuhi janji kepada Amerika Serikat dan Inggris di Konferensi Yalta.


Jepang Menyerah Tanpa Syarat Kepada Sekutu (sumber:blogspot.com)

Perang membawa penderitaan bagi rakyat Jepang dan rakyat di wilayah jajahan Jepang. Berjuta-juta orang tewas di negara-negara Asia yang diduduki Jepang di bawah slogan Kemakmuran Bersama Asia. Hampir semua industri dan infrastruktur di Jepang hancur akibat perang. Pihak Sekutu melakukan repatriasi besar-besaran etnik Jepang dari negara-negara Asia yang pernah diduduki Jepang.
Jepang Menyerah Tanpa Syarat Kepada Sekutu (sumber:blogspot.com)

15 Agustus juga diperingati sebagai Hari Peringatan Perang Berakhir (Shuusen-kinenbi). Nama resmi yang ditetapkan pemerintah Jepang pada tahun 1982 adalah Hari Berduka untuk Korban Perang yang Tewas dan Berdoa untuk Perdamaian. (**)
Sumber : wikipedia.org, uniknya.com, mylinekerr.blogspot.com

0 komentar:

Post a Comment

 
Back to top!