Breaking

Thursday, December 24, 2015

Rekor Baru! Pemerintahan Jokowi Hemat Impor Premium & Solar!


Mylinekerr - Pemerintahan Joko Widodo (Jokowi) sudah genap menginjak usia setahun pada 28 Oktober 2015 lalu. Menteri ESDM, Sudirman Said mengaku kalau pemerintahan saat ini punya prestasi yang sangat membanggakan dalam hal menekan impor BBM.

Prestasi tersebut adalah salah satunya dengan menurunkan volume impor Premium sampai 37 persen dari 378,5 ribu barel per-hari menjadi sekitar 236 ribu barel per-harinya. Sementara itu, untuk realisasi Impor Solar turun sampai 82 persen  dari 121,3 ribu barel per hari menjadi hanya 20 ribu barel per hari.
"Itu data per November 2015. Penurunan ini berkat, selain konsumsi juga mengalami penurunan, juga disumbang oleh optimalisasi produksi dalam negeri. Sehingga kebutuhan impor bisa dikurangi," ‎katanya dalam pemaparan 'Membangun Lanskap Baru Sektor ESDM 1 Tahun Capaian Kinerja Kementerian ESDM' di Hotel Dharmawangsa, Minggu (8/11/2015)

Di tahun ini pemerintah mengambil keputusan besar yakni ‎‎mengambilalih kilang yang dikelola PT Trans Pacific Petrochemical Indotama‎ (TPPI). Langkah ini merupakan bagian dari optimalisasi infrastruktur di dalam negeri dalam penyediaan Bahan Bakar Minyak (BBM) nasional.

"Berkat ketegasan pemerintah, kilang minyak TPPI diambil alih Pemerintah. Sekarang sudah berproduksi 80%," tuturnya.

Selain di sektor produksi, pemerintah juga berhasil meningkatkan kapasitas penyimpanan BBM nasional. Hal ini sekaligus meningkatkan ketahanan energi nasional secara umum.

"Kapasitas tangki dari 4,6 juta kilo liter di 2014 naik 12% menjadi 5 juta kilo liter. Sehingga ketahanan stok BBM nasional juga naik 20% dari 24,3 hari di 2014 menjadi 29,3 hari di 2015. Itu baru sampai November. Kami yakin target sampai akhir tahun bisa tercapai ketahanan 30 hari," katanya

URL DCMA : http://www.forumjokowi.com/2015/12/rekor-baru-jokowi-pemerintahan-jokowi.html#ixzz3vBiqGh2l

Comments
0 Comments

No comments:

Post a Comment