Breaking

Sunday, April 21, 2013

Gempa 7.0 SR Melanda China, 157 Tewas, 5700 Orang Terluka

 
China
  Mylinekerr NewsLushan - Korban tewas akibat gempa yang terjadi di Provinsi Sichuan terus bertambah. Ditemukan 157 orang tewas dan 5.700 lainnya terluka. Gempa itu juga menghancurkan ribuan rumah dan memicu tanah longsor.

Dilansir dari AFP, Minggu (21/4/2013), 15 jam sejak terjadinya gempa, data korban tewas terus bertambah. Pendataan korban jiwa di Kota Ya'an, Distrik Lushan, terdapat 157 korban jiwa. Sementara Kementerian Urusan Sipil menyebut ada 5.700 orang yang terluka.

Pemerintah Sichuan juga merilis data terdapat 10.000 rumah yang hancur. Petugas penyelamat terus mencari korban di reruntuhan bangunan.

Gempa terjadi pada pagi hari sekitar pukul 08.00 waktu setempat, di saat banyak warga masih berada di dalam rumah masing-masing dan memulai aktivitasnya. Badan seismologi setempat mencatat, gempa bumi ini berkekuatan 7 SR. Sedangkan Survei Geologi AS (USGS) mencatat gempa ini berkekuatan 6,6 SR. Yang mengkhawatirkan warga setempat, gempa ini diikuti dengan gempa susulan yang dilaporkan terjadi sebanyak 260 kali.

Warga yang panik pun tampak berlarian ke jalanan. Bahkan beberapa masih mengenakan piyama tidur mereka. Getaran gempa ini dirasakan hingga ke wilayah Chongqing, yang berjarak ratusan kilometer dari Sichuan. Warga setempat menuturkan, gempa ini mengguncang barang-barang yang ada di kediaman mereka dan membuat mereka panik.
Kantor berita Xinhua melaporkan, sebanyak 6 ribu tentara dan polisi diterjunkan ke lokasi bencana untuk membantu para korban.

sumber: news.detik.com

Comments
0 Comments

No comments:

Post a Comment