Breaking

Saturday, June 1, 2013

Sekolah Unggulan, Bukan Hanya Prestasi Saja!

 
Sekolah
Mylinekerr Fact - Sekolah, adalah tempat dimana anak akan mendapatkan sumber ilmu kedua setelah yang pertama dari orang tuanya. Namun, tahukah anda bagaimana sekolah unggulan itu? Sekolah unggulan itu bukan hanya berdasarkan ilmu saja, namun berdasar tenaga pendidik dan juga yang dididiknya. Loh, kok begitu? Kali ini mylinekerr akan menjelaskan bagaimanakah sekolah unggulan itu.

1. Berprestasi
Berprestasi adalah merupakan sebuah hal wajib bagi sekolah unggulan. Iyalah, namanya juga sekolah unggulan, anak anaknya juga harus bisa berprestasi. Tapi, bukan hanya di pelajaran inti saja, contohnya MIPA. Mereka juga harus bisa minimal berprestasi di bidang lainnya. Seperti IPS, PKn, Agama dan sebagainya.

2. Moral Sang Anak
Moral sang anak, adalah kunci penting sebagai sekolah unggulan nomor 2. Karena, jika sang anak berilmu baik dan prestasinya tinggi, namun sang anak tidak memiliki moral, buat apa menjadi sekolah unggulan? Sama saja bohong. Karena kita juga harus bisa meningkatkan karakter baik pada diri kita sendiri, agar orang lain juga senang jika berada di dekat kita.
Bagaimana sih pelajar unggulan itu?Pelajar unggulan adalah pelajar yang tidak suka mencontek, tidak suka buang sampah sembarangan, berprilaku sopan santun, bermoral tinggi, jauh dari rokok, narkoba, tawuran dan sebagainya. Itulah Pelajar Unggulan!
3. Moral Sang Pendidik
Sampai saat ini, masih ada saja oknum oknum yang tak bertanggung jawab pada sekolah sekolah favorit. Oknum dari sang pendidik yang menerima uang dari orang tua murid agar sang anak dapat masuk ke sekolah tersebut. Sebenarnya hal ini tidak baik, buat apa belajar di sekolah unggulan, tapi kita tidak berpikiran seperti anak lain yang bersekolah di sekolah unggulan? Jadi sama saja seperti uang yang menentukan masa depan kita. 

4. Kenyamanan Sekolah
Banyak sekolah, yang hingga saat ini menerapkan program program untuk meningkatkan karakter sekolahnya. Contohnya seperti SMPN 1 Kota Serang, dimana mengadakan program CHA-S. Program tersebut merupakan program yang masing masing dari kelas diwakili 2 orang sebagai tim CHA-S. 2 Orang tersebut adalah orang kepercayaan yang diberikan oleh sang guru. Tim CHA-S tersebut, berkewajiban untuk mencatat semua nama anak yang membuang sampah semabarangan, mencontek saat ulangan, bahkan tidak mengaji saat waktunya mengaji, hingga bermain HP diwaktu jam pelajaran. Kemudian, catatan tersebut diberikan kepada guru BP. Yang akhirnya pada hari senin, saat upacara, nama nama yang dicatat akan dipanggil, dan dijemur di depan barisan. Serta seusai upacara anak anak tersebut diberikan sebuah tas kresek, yang tak boleh dilepas hingga jam sekolah. Mereka harus menyetorkan sampah ke guru BP saat pulang sekolah. Malu dong, pake tas kresek!

Sekolah nyaman: Bersih, anak anak tertib, hijau, dan rapih.

5. Ilmu Agama Tetep Ada
Selain hal yang sudah dijelaskan tadi, sekolah unggulan juga harus memiliki nilai agama yang tinggi. Agar menyadarkan bahwa manusia ini tidak hidup selamanya, sehingga mereka juga harus taat terhadap aturan agama dan norma norma yang berlaku. Buat apa ilmu, tapi moral dan agama? sama saja bohong.

Mungkin hanya itu yang Mylinekerr ketahui tentang ciri ciri sekolah unggulan. 1 lagi ada kutipan dari guru matematika saya, ibu Sri Mulyati, "Sebagai seorang pelajar tak perlu mengincar nilai, buat apa nilai jika kalian tak mengerti materi yang di sampaikan!".
Lomba Kreativitas Siswa Nasional
Kontes Blog Siswa Nasional
 
Comments
0 Comments

No comments:

Post a Comment