Breaking

Saturday, June 1, 2013

Yuk, Mengintip Perkembangan Kota Cimahi Lebih Dekat

Mylinekerr Fact - Kota Cimahi merupakan kota kedua paling kecil di Jawa Barat setelah kota Cirebon. Tahun 2013 ini saja, Kota Cimahi akan berumur tepat 12 tahun pada 21 Juni. Kali ini Mylinekerr akan membahas lebih dekat, tentang Kota Cimahi!

Chima, Maskot Kota Cimahi

Sejarah Singkat
Kota Cimahi mulai dikenal pada tahun 1811, Gubernur Jendral Willem Daendels membuat jalan Anyer - Panarukan, dengan dibuatnya pos penjagaan (loJi) di Alun-alun Kota Cimahi sekarang. Tahun 1874 – 1893, dilaksanakan pembuatan jalan kereta api Bandung - Cianjur sekaligus pembuatan stasiun kereta api Kota Cimahi Tahun 1886 dimulainya pembangunan pusat pendidikan militer dan fasilitas lainnya (RS Dustira, rumah tahanan militer, dll). Tahun 1935, Kota Cimahi menjadi kecamatan (lampiran staat blad tahun 1935). Tahun 1962 dibentuk setingkat kewedanaan, meliputi 4 kecamatan : Kota Cimahi  Padalarang, Batujajar dan Cipatat. Tahun 1975, ditingkatkan menjadi kota administratip (pp no. 29 tahun 1975), diresmikannya pada tanggal 29 Januari 1976, merupakan Kotip pertama di Jawa Barat dan ketiga di Indonesia. Tahun 2001 ditingkatkan statusnya menjadi kota otonom.

Cimahi?
C untuk Cerdas, orang Kota Cimahi itu semuanya cerdas!
I untuk Iman, jadi, bukan cuma cerdas, tapi kita semua harus beriman.
M untuk Madani. Madani 
A untuk Aman, Kota Cimahi itu aman kok, karena mereka juga memiliki banyak pangkalan tentara, maka mereka juga disebut kota Tentara!
H untuk Hijau, kota Kota Cimahi sangat hijau sekali, Karena pemerintah kota Kota Cimahi menerapkan beberapa hal untuk penghijauan.
untuk Iptek, Kota Cimahi sampai saat ini masih mengembangkan dunia dunia IPTEKnya. 

Cimahi, Kota Tentara? 
Benar kok, Kota Cimahi adalah kota aman dan hijau. Jika anda berkeliling Kota Cimahi, anda akan menemukan banyak pangkalan militer disana. Bukan pangkalan militer saja, di kiri dan kanan jalan juga banyak pepohonan rindang yang membuat Kota Cimahi semakin nyaman untuk dikunjungi.

Kota Cimahi juga merupakan tempat terbesar untuk pendidikan militer di Indonesia. Bahkan, daerah pendidikan militernya menempati sekitar 60% di kota ini loh!


Militer di Kota Cimahi
Cimahi, Kota Hijau bro?
Iya bro, Kota Cimahi salah satu kota hijau di Indonesia. Bahkan jika anda berkeliling kota Kota Cimahi  anda akan menemukan banyak pepohonan di sisi jalan. Apa saja sih yang membuat Kota Cimahi menjadi Kota Hijau? Mylinekerr akan menjelaskannya nih :)


1. Program Sisi Jalan Hijau (Green Path)
singapore trotoar
Car Free Day yang diadakan oleh Pemkot Kota Cimahi sudah cukup bagus dalam mengurangi polusi udara. Dan sampai saat ini, pemkot kota Kota Cimahi masih mengusahakan terhadap pembangunan Green Path Disisi Jalan!
2. Pertahankan ruang terbuka hijau
Pemkot Kota Cimahi sampai saat ini juga masih mengusahakan program untuk mempertahankan ruang terbuka hijau di kota Kota Cimahi  Sehingga, pemkot akan menjaga setiap orang yang ingin menebang pohon secara liar. Jadi nyaman deh kota Kota Cimahi ini!
3. Program satu warga satu pohon
Program ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap pentingnya pohon di kehidupan masyarakat. Program ini juga dilaksanakan agar tersedianya air tanah, dan juga daerah resapan yang semakin melebar. Sehingga, akan amanlah Kota Cimahi dari daerah rawan banjir, karena mereka memiliki banyak resapan!
4. Eco Education untuk Siswa Kota Cimahi
siswa
Eco Education adalah sebuah program yang dilakukan pemerintah kota Kota Cimahi dalam memasukan Eco Education dalam kurikulum Muatan Lokal Mereka. Program ini dilakukan untuk melatih dan mengajarkan anak anak tentang betapa pentingnya pohon bagi kehidupan mereka. Selain itu, Pemkot Kota Cimahi juga melakukan program perlombaan Sekolah Bersih. Dimana program ini mengajak para siswa untuk membuang sampah pada tempatnya, dan menjaga kenyamanan di Sekolah!
Taman R.A Kartini, Tempat Hijau Lainnya
Taman Kartini merupakan salah satu taman kota yang ada di Kota Cimahi  pada jaman kolonial Belanda taman ini diberi nama taman Wilhelmina dimana nama tersebut diambil dari nama Ratu Kerajaan Belanda kala itu. Ditengah taman ini dulunya terdapat kolam air berbentuk lingkaran (Pond) dan ditengahnya terdapat air mancur. Taman Kartini saat ini mengalami sejumlah perubahan, dimana kolam air mancur yg dulu ada sekarang telah tiada namun aliran air yang masuk ke areal taman ini masih ada.
Tempat Wisata Kota Cimahi
Kota Cimahi juga memiliki berbagai tempat sebagai daerah wisata di kota tersebut. Dan mylinekerr juga akan memberikan beberapa contoh tempat atau daerah wisata di Kota Cimahi ang patut dikunjungi!

1. All About Strawberry

Sebuah tempat di daerah Kota Cimahi tepatnya daerah Cihanjuang yang menyediakan berbagai pernak-pernik stroberi, tempat ini merupakan surga bagi para penggemar stroberi. Selain menyediakan segala pernak-pernik stroberi juga sebagai tempat rekreasi keluarga. Dalam Tempat rekreasi ini anda juga dapat menemukan kebun petik sendiri!

2. Curug Cimahi
curug1
Curug atau juga Air Terjun Kota Cimahi ini, memiliki ketinggian sekitar 87 m, merupakan salah satu curug yang tertinggi di wilayah Bandung dan sekitarnya. Nama Kota Cimahi berasal dari nama sungai yang mengalir di atasnya yaitu Sungai Kota Cimahi yang berhulu di Situ (danau) Lembang dan mengalir ke Kota Kota Cimahi   Curug ini  berada di ketinggian 1050 m dpl dengan suhu di kawasan ini berkisar 18-22 derajat Celsius.

Jika dilihat dari atas, curug ini memiliki dua tingkat dan termasuk yang unik. Sesuai namanya 
Kota Cimahi alias air cukup (bahasa Sunda), debit air terjun ini selalu sama, baik saat musim hujan atau pun kemarau. “Namun, dibandingkan puluhan tahun lalu, debitnya jauh berkurang.

3. Taman Kupu Kupu
kupu-kupu
Sebelum masuk, Anda wajib membeli tiket seharga Rp 20.000 saja. Eits, bukan berupa kertas, melainkan pin kupu-kupu yang boleh dibawa pulang.  Pengunjung juga bisa berjalan searah jarum jam dan menikmati aneka kupu-kupu berterbangan. Ada yang oranye, kuning, hijau, hitam, biru, semuanya tampak cantik!

Di dalam Taman Kupu-kupu ada juga rumah kepompong. Puluhan calon kupu-kupu itu tersusun rapi. Kalau beruntung, kita bisa melihat kupu-kupu yang baru keluar dari kepompongnya. Butuh waktu 3-4 jam bagi kupu-kupu yang baru keluar dari kepompong untuk siap terbang. Inilah waktunya Anda menyentuh mereka pelan-pelan atau melihatnya dari dekat.

Berkunjung ke Taman Kupu-kupu Cihanjuang pasti jadi agenda seru untuk akhir pekan kali ini. Letaknya juga cukup mudah dijangkau. Kalau menggunakan kendaraan pribadi, masuklah dari Geger Kalong ke arah belakang Kampus Politeknik Bandung (Polban) dan tiba di Cihanjuang.

Kalau menggunakan kendaraan umum, naikilah angkot 
Kota Cimahi Parompong yang langsung lewat di depan Taman Kupu-kupu. Opsi lain, angkot Kota Cimahi Ledeng akan mengantarkan Anda sampai 200 meter sebelum Taman Kupu-kupu.

4. Katumkiri
Untuk tiket masuknya, per orang dikenai kerusakan™ sebesar Rp. 5000,- dan untuk kendaraan roda empat merusak sebesar Rp. 3000,- Untuk masing-masing permainan, ditagihkan lagi dengan nilai yang bervariasi diluar tiket masuk.
Tarif Permainan

Beberapa permainan yang tersedia antara lain: flying fox, panjat dinding, petualangan dengan ATV, safari keliling kompleks, hi-rope, dan lain-lain.
Cukup Sekian deh mylinekerr membahas tentang Perkembangan Kota Cimahi  Kalo ada yang minat main ke Kota Cimahi, main aja, nyaman kok kotanya :)
Comments
0 Comments

No comments:

Post a Comment