Breaking

Wednesday, December 23, 2015

Kenapa Sih Kok Kita Bisa Cegukan? (+Tips Mengatasi Cegukan)


Mylinekerr - Cegukan adalah hal yang sering terjadi ketika kita sedang makan lalu 'seret'. Ya, cegukan memang menyebalkan. Tapi kalian tau gak sih penyebab cegukan itu sendiri apa? Yuk kita bahas bareng bareng dibawah ini beserta penyelesaiannya

Cegukan itu terjadi ketika bagian tubuh kita yang disebut rongga dada menegang. Sekat rongga dada itu adalah jaringan otot yang letaknya di bawah paru-paru. Nah, kalau kita menelan sesuatu yang panas atau dingin, saluran makanan dari mulut ke perut (esofagus) dan perut tidak siap menerimanya.

Jadi, istilahnya terkejut gitu, lho. Kejutan inilah ternyata yang menyebabkan sekat rongga dada kita menegang keras. Kondisi ini akan menyebabkan adanya celah antara pita suara tertutup, tapi udara tetap masih bisa lewat. Inilah yang membuat kita cegukan! Namun Gimana cara kamu ngatasinya yaa. Kalo dari mylinekerr.blogspot.com sendiri ada beberapa cara untuk mengatasi cegukan

images: inkesehatan.blogspot.com
1.Minum air putih. Minumlah air putih dikit demi sedikit. Agar lebih ampuh ada yang bilang jika minum air di gelas harus sambil menundukkan kepala dan minum dari bibir gelas yang berseberangan dengan bibir supaya tidak tumpah. 

2.Leher didangakkan [bahasa indonesianya apa ya?] sedikit kebelakang, kemudian masukkan gula pasir satu sendok teh ke lidah kita, jangan ditelan. Telan air ludah yang terbentuk setelah gula ada di lidah. Setelah semua gula larut, minumlah setengah gelas air putih. 

3.Usapkan es ke dagu dan minum tetesan air es yang meleleh. Jangan menelas es batu ketika cegukan, nanti bisa salah masuk ke jalan pernafasan. Jadinya malah tambah parah lagi. Supaya lebih aman pakai cara kelima saja deh.

4.Tahan napas beberapa detik, kira-kira sekitar 10 detik, kemudian bernapaslah seperti biasa. Lakukan beberapa kali sampai cegukan berhenti. Hati-hati jangan lupa bernafas. Nanti keterusan lagi. hehehe. 

5.Tahan napas sewaktu mulut kita di kantong kertas, tahan selama 10 detik, kemudian napas beberapa kali lagi seperti biasa tanpa kantong kertas, kemudian tahan napas lagi di kantong kertas. Lakukan berulangkali sampai cegukan berhenti.

6.Letakkan jari tangan ke langit-langit mulut [bagian atas mulut], lalu pijatlah dengan halus dan lembut, jangan sampai tergores dengan kuku. 

7.Makanlah satu sendok selai kacang, selai kacang dipercaya dapat menghilangkan cegukan karena kelengketan selai kacang dapat mengubah irama pernapasan 

8.Pakailah minyak kayu putih dibagian leher hingga perut sehingga organ-organ dalam bisa berfungsi normal kembali. 

9.Kunyahlah satu iris lemon segar atau asinan jeruk nipis yang dapat mengganggu polas impuls saraf vagus dan dapat menghilangkan cegukan. 

10.Mengalihkan perhatian secara tidak langsung dapat meredakan cegukan dengan cepat. Caranya bisa menggenggam tangan dengan sangat erat sampai timbul rasa sakit, lalu coba fokuskan untuk mengalihkan perhatian kita pada rasa sakit di tangan.

11.Mintalah seseorang untuk mengagetkan anda ketika sedang tidak sadar atau saat kita tidak menduganya. Hal ini bisa juga untuk mencegah cegukan. Pastikan kalian kaget waktu itu.

12.Makanlah makanan asam seperti cuka yang dipercaya dapat meredakan cegukan dengan cepat. Rasa asam pada cuka dapat menstimulus pernapasan seseorang, sehingga saat kalian makan, wajah akan mengernyit otomatis, proses inilah yang dapat menghilangkan cegukan.

13.Membalik posisi tubuh dengan meletakkan kepala dibawah dan kaki diatas. Jadi ingat cara vic zhou di meteor garden. Dia suka melakukan gerakan ini agar tidak menangis. Hehe.

14.Menahan air dalam mulut sampai mulut mengembung dalam posisi berdiri tegak. Kemudian menunduk pelan-pelan (seperti hendak mencium lutut, air masih ditahan di mulut), selanjutnya sambil menelan air perlahan-lahan seirama badan sedikit demi sedikit ditegakkan kembali. Saat badan tegak air dalam mulut sudah tertelan habis

Nah itulah tips tips dari mylinekerr. Sekarang tau kan, kenapa kalian bisa cegukan?
Comments
0 Comments

No comments:

Post a Comment