Breaking

Tuesday, December 29, 2015

Suka Pusing Saat Berdiri Setelah Duduk? Coba Pahami 7 Kemungkinan Penyebabnya


Mylinekerr - Jika Anda pernah mengalami rasa pusing tiba-tiba saat Anda berdiri setelah duduk, mata berkunang-kunang dan badan sempoyongan serasa ingin jatuh, Anda patut untuk waspada karena kondisi tersebut menandakan ada masalah dengan kesehatan Anda.

Rasa pusing tiba-tiba saat berdiri setelah duduk yang disertai mata berkunang-kunang dan rasa ingin jatuh bisa terjadi karena beberapa sebab baik itu penyakit maupun yang bukan penyakit. 

Diantaranya adalah sebagai berikut sebagaimana yang telah berhasil dikutip oleh mylinekerr dari samishare.com :

1. Tekanan darah rendah atau hipotensi
Berbeda dengan penyakit tekanan darah tinggi, penyakit tekanan darah rendah biasanya tidak begitu mendapat perhatian khusus dari penderitanya dan acap kali diabaikan hingga tiba saatnya tubuh merasa lemah dan lesu. Tekanan darah rendah terjadi karena pasokan oksigen penting ke otak terhambat karena berbagai hal seperti kurang tidur, kurang minum serta haid yang tidak normal. Bila dibiarkan tidak menutup kemungkinan darah akan mencapai titik terendah yaitu 90/60 mmHg. Efek yang Anda rasakan diantaranya adalah pusing saat berdiri, mata berkunang-kunang secara tiba-tiba, keringat dingin bercucuran, mudah lelah bahkan bisa mengakibatkan pingsan.


Menurut salah seorang spesialis penyakit jatung dan pembuluh darah, “Pusing setelah duduk lama terjadi karena ketika duduk dan tiba-tiba berdiri, banyak darah yang turun ke kaki. Sehingga pada saat ingin berdiri kepala jadi pusing,”

2. Kurang darah atau anemia
Penyebab Pusing Saat Berdiri Setelah Duduk berikutnya adalah kurang darah atau anemia. Yaitu berkurangnya jumlah hemoglobin atau sel darah merah yang mengantar oksigen ke seluruh bagian tubuh.

Penderita Anemia ditandai dengan berbagai macam keluhan seperti mudah lelah, sering merasa mual, dada terasa sesak, denyut jantung kurang teratur serta pusing kepala.

Untuk mengatasinya, sering-seringlah makan makanan sehat yang banyak mengandung zat besi, folat, vitamin seperti sayur-sayuran, buah-buahan serta daging dan susu.


3. Penyakit gula atau diabetes
Cobalah periksa kadar gula Anda, apakah masih dalam keadaan stabil atau mengalami peningkatan. Selain menyebabkan rasa pusing saat berdiri setelah duduk, diabetes yang tidak terkontrol sangat berisiko menimbulkan komplikasi berbagai penyakit.

4. Aliran darah tidak lancar
Salah satu gejala yang mudah Anda rasakan adalah kesemutan. Biasanya terjadi saat Anda duduk atau tidur dalam waktu agak lama tanpa berubah posisi. Hal ini disebabkan aliran darah dalam tubuh tidak mengalir dengan lancar. Bila tetap dipaksakan untuk berdiri saat kondisi belum kembali normal, Anda akan merasakan pusing kepala dan bahkan sangat mungkin bisa membuat Anda jatuh.

5. Kurang minum
Jangan sepelekan porsi minum Anda tiap hari. Tidak hanya menyebabkan dehidrasi, kurang minum bisa memicu timbulnya berbagai macam gangguan kesehatan seperti tekanan darah tinggi, gangguan ginjal, gangguna pencernaan, kulit menjadi kusam dan kering, mudah lelah, juga sering pusing tiba-tiba. Lebih baik selalu ikuti anjuran kesehatan untuk selalu minum air putih minimal 8 gelas air sehari agar kesehatan tetap terjaga dan terhindar dari berbagai penyakit.

6. Haid tidak normal
Normalnya, siklus haid berlangsung antara 21 hingga 35 hari. Yang paling sering dialami oleh para gadis adalah 28 hari. Jika siklus haid terjadi kurang dari 21 hari atau lebih dari 35 hari, kemungkinan besar darah yang keluar adalah bukan darah haid.
Keadaan ini memicu perasaan gelisah, cemas, serta dapat menimbulkan pusing kepala yang datang secara tiba-tiba.

7. Kurang olah raga
Salah satu manfaat olah raga adalah memperlancar sirkulasi darah ke otak. Semakin sering berolah raga yang diimbangi dengan asupan gizi dan istrirahat yang cukup akan semakin baik. Jarang berolah raga menyebabkan darah yang mengalir ke otak kurang lancar. Salah satu efeknya adalah mudah sakit kepala. Juga mudah mengalami pusing yang datang secara tiba-tiba saat berdiri bangkit dari duduk.

Bila Anda masih sering mengalami rasa pusing tiba-tiba saat berdiri setelah duduk, lebih baik konsultasikan dengan dokter atau ahli kesehatan untuk mengetahui gangguan kesehatan apa yang ada dalam diri Anda agar bisa segera diperiksa dan dicarikan solusi terbaik sehingga keluhan rasa pusing bisa diatasi dan tidak terulang lagi.

Comments
0 Comments

No comments:

Post a Comment