Breaking

Thursday, August 16, 2012

Lukisan Lukisan Termahal Yang Terjual Dari Pelelangan

Mylinekerr Fact - Kembali ke tahun 1964, Pablo Picasso tak akan pernah membayangkan bahwa Plateau de Sculpter (Nude, Green Leaves and Bust), sebuah lukisan yg ia ciptakan dalam sehari pada tahun tersebut, akan berakhir menjadi sebuah karya seni yang paling mahal yang pernah dijual dalam pelelangan sampai saat ini. Pada bulan Mei 2010, juru lelang Christie, Chistopher Burge memberikan penawaran yang lebih tinggi dan melepas barang tersebut dengan harga $106,4 juta.

Penawaran terhadap karya Picasso ini mungkin yg paling meroket dan paling mahal saat ini, tapi bukan cuma satu2nya karya yang diperebutkan para kolektor dengan harga yg melambung tinggi, disini ada tujuh karya yang nilainya mendekati pembuat rekor tersebut
.
Quote:Original Posted By

1. Alberto Giacometti, Walking Man I
Spoilerfor Walking Man I:


Giacometti sebenarnya mencetak patung perunggu berbentuk lelaki tinggi langsing setinggi 6 kaki pada tahun 1960, sebagai bagian komisi (kemudian dibiarkan terbengkalai) dari Bank Manhattan Chase untuk membuat beberapa figure seperti itu untuk plaza milik bank tersebut di jalan Pine di kota New York. Pada bulan February 2010, hanya berselang empat bulan sebelum "Nude, Green Leaves and Bust" menampakkan diri, Walking Man I terjual seharga $104,3 juta di pelelangan Sotheby London. Sepuluh penawar bersaing demi barang tersebut, pemenang anonimus memenangkan penawaran tersebut melalui telepon.


2. Pablo Picasso, Garcon a la Pipe (Boy With a Pipe)
Spoilerfor Garcon a la Pipe:


Picasso baru berusia 24 tahun saat dia melukis potret setengah badan dari seorang anak laki2 partisan yang memegang pipa dan memakai mahkota dr bunga. Karya ini, merupakan sebagian dr koleksi seniman pd periode mawar, pertama kali dibeli oleh John Hay Whitney seorang duta besar AS untuk UK, pada tahun 1950 seharga $30.000; kemudian pada bulan Mei 2004, lukisan ini terjual seharga $104,2 juta kepada kolektor tak bernama di balai pelelangan Sotheby New York. Mengikuti jalannya transaksi ini, beberapa kritikus seni, merasa skeptis terhadap harga tinggi dr Garcon a la Pipe, yang mereka yakini harga ini dikarenakan prestise dr nama Picasso dibandingkan dengan tekhnik melukis dan bentuk kreatifnya.


3. Pablo Picasso, Dora Maar au Chat (Dora Maar with Cat)
Spoilerfor Dora Maar au Chat:


Ketika Picasso berusia 55, dia jatuh cinta kepada artis Perancis berusia 36 tahun bernama Dora Maar, yang kemudian mejadi cinta seumur hidupnya, intelektual yang sebanding, dan memadu kasih selama 10 tahun. Dia juga menjadi asisten bg Picasso dalam menyelesaikan lukisan seminal anti perang, Guernica, dan memproduksi photo dokumenter dalam proses pembuatannya. Potret dari Maar tahun 1941 ini,dalam gaya kubisme ciri khas Picasso, merupakan salah satu dari beberapa lukisan yg Picasso buat tentang kekasihnya selama masa menjalin hubungan,dengan detail yang komplex, warna yang cerah. Karya ini berganti pemilik beberapa kali sejak pembuatannya sampai Mei 2006, ketika seseorang yang tidak diketahui, mengalahkan tawaran dr pihak berkebangsaan Rusia dan membayar $95,2 juta dan mengambilnya dr pihak Sotheby di New York.


4. Gustav Klimt, Potrait of Adele Bloch-Bauer II
Spoilerfor Potrait of Adele Bloch-Bauer II:


Pada bulan November 2006 di kota New York, potret kedua ini tentang seorang istri industrialis bernama Ferdinand Bloch-bauerlaku sebesar $87,9 juta di balai pelelangan Christie.


5. Francis Bacon, Triptych 1976
Spoilerfor Triptych 1976:


Pelukis kelahiran Irlandia ini lebih terkenal dengan lukisan abstrak, grotesque, wajah tersiksa berlawanan dengan latar belakang yg simpel.Triptychs salah satu format yg disukai Bacon, dalam pengerjaannya dia menyelesaikan sebanyak 33 lukisan selama 3 dekade (sebagian telah dihancurkan). Lukisan ini menggambarkan periode tahun 1976, dimana tiap panel yang berukuran 5x6x1/2 kaki, mengambil gambar tentang 3 orang yang sedang duduk dimana bagian dalamnya keluar tertumpah didepan mereka, dan biasanya menggambarkan ekspresi dari perasaan hati dr Bacon.
Pada bulan Mei , Triptych 1976 terjual di balai lelang Sothby New York sebesar $86,3 juta
.


6. Vincent van Gogh, Potrait of Dr. Gachet
Spoilerfor Potrait of Dr. Gachet:


Pada tahun 1890, van Gogh melukis dua lukisan yang serupa tentang Paul Ferdinand Gachet, dokter yang merawatnya selama hari2 terakhirnya. Lukisan ini kemudian menjadi kontroversi bermula ketika pengusaha jepang bernama Ryoei Saito membelinya seharga &82;,5 juta di balai lelang ChristieNew York. Kemudian lukisan tersebut disimpan Saito di brankas dengan pengaturan suhu selama 7 tahun,yang kemudian Saito meminta agar ketika ia mati maka lukisan tersebut harap di kremasi bersama tubuhnya. Dan ketika dia benr meninggal pd tahun 1996 dalam kondisi miskin dan cacat, lukisan tersebut tidak pernah muncul lagi ke permukaan. Berbagai usaha telah dilakukan para kurator museum dan balai lelang untuk menemukan keberadaannya, tapi keberadaannya tetap tidak diketahui.


7. August Renoir, Bal du Moulin de la Galette
Spoilerfor Bal du Moulin de la Galette:


Di tasbihkan sebagai salah satu karya besar pelukis impresionis, lukisan tahun 1876 ini ( biasa disebut juga Le Moulin de la Galette) menagkap esensi dari suasana Senin siang di moulin de la Galette, sebuah penggilingan bersejarah dimana terdapat tempat minum dan berdansa di daerah Montmartre Paris.Awalnya dimiliki oleh John Hy Whitney yg juga memiliki Picasso's Garcon a la Pipe. Pada bulan Mei 1990, janda dr mendiang Whitney menjualnya di balai lelang Sotheby New York sebesar $78,1 juta kepada Ryoei Saito, kolektor kontroversial yang juga memenangkan penawaran akan Potrait of Dr, Gachet. Ketika Saito jatuh dalam kondisi keuangan yg ambruk, pihak bank menggunakan lukisan ini sebagai jaminan buat pinjaman dan mengaturnya supaya dijual kepada pembeli misterius yg diisukan berasal dr Swiss melalui balai lelang Sotheby.

http://mylinekerr.blogspot.com
Comments
0 Comments

No comments:

Post a Comment