Breaking

Thursday, November 15, 2012

Potret Kawah Berbentuk Wajah Senyum di Planet Merkurius

Mylinekerr Fact - Kawah yang terdapat pada planet merkurius ini terlihat tersenyum. Apakah ini sebuah kebetulan, atau ada sesuatu dibaliknya? Kali ini mylinekerr akan membahas mengapa kawah ini bisa terlihat seperti tersenyum.



NASA telah mengungkapkan gambar baru yang menunjukkan kawah yang sangat mirip emoticon 'wajah tersenyum'.



Gambar tersebut diambil oleh pesawat ruang angkasa Messenger milik NASA, Sebelumnya, juga dari planet Merkurius, Messenger juga memotret kawah yang menyerupai sebuah karakter monster bernama "Cookie" dari tayangan Sesame Street.


gambar atas: kawah dari planet Merkurius yang mirip karakter monster Cookie dari Sesame Street


NASA mengatakan: 'Puncak utama dari kawah kompleks terbentuk sedemikian rupa sehingga menyerupai wajah tersenyum. "

Gambar ini diperoleh sebagai target observasi ber-resolusi tinggi yang setelah insinyur melihat kawah.

Target observasi adalah kumpulan gambar dari sebuah area kecil pada permukaan Merkurius pada resolusi yang jauh lebih tinggi daripada peta standar yang hanya ber-resolusi 200-meter/pixel, dan memungkinkan para insinyur untuk 'zoom-in' di daerah yang menarik.

Insinyur NASA mengatakan 'mustahil meng-cover seluruh permukaan Merkurius pada resolusi tinggi seperti ini, tapi biasanya beberapa daerah untuk kepentingan ilmiah dicitrakan dalam mode ini tiap minggunya. "

Pesawat ruang angkasa Messenger adalah yang pertama yang pernah mengorbit planet Merkurius, dan tujuh instrumen ilmiah dan penyelidikan radio sains dari pesawat ruang angkasa ini mengungkap sejarah dan evolusi planet-planet terdalam dari sistem tata surya.


gambar atas: pesawat ruang angkasa Messenger


Messenger - yang merupakan singkatan dari Mercury Surface, Space Environment, Gwochemistry and Ranging - telah melakukan perjalanan ke planet Merkurius sejak 3 Agustus 2004 dan dan 'menari' di antara Bumi dan Merkurius dan bulannya (bulannya Merkurius) secara nirawak sambil menjaga dirinya sendiri agar tidak tertarik oleh gaya tarik matahari.


gambar atas: kawah "tersenyum" di planet Mars yang dipotret pesawat luar angkasa Mars Express
   sumber: http://www.dailymail.co.uk/sciencetech/article-2229819/A-happy-day-Mercury-Crater-looks-like-smiley-face-spotted.htmlhttp://mylinekerr.blogspot.com 

1 comment: